Pernahkah Anda
berpikir bahwa souvenir kalender
bisa menjadi media promosi yang tidak hanya dapat menaikan branding perusahaan
Anda namun juga meningkatkan omset perusahaan?. Lalu bagaimanakah caranya agar souvenir
perusahaan yang hanya dibuat satu tahun sekali ini bisa meningkatkan omset
perusahaan?. Berikut ini penjelasannya.
Seperti yang
kita tahu, kalender adalah sebuah media yang memberi nama pada sebuah periode
waktu berdasarkan peredaran alam. Bisa dikatakan bahwa penemuan kalender
sebagai penentu waktu merupakan salah satu penemuan paling bermanfaat sepanjang
masa. Berkat adanya kalender kita bisa memiliki presepsi yang sama tentang
waktu, hari, tanggal, bulan dan tahun.
Secara umum ada
2 jenis kalender yang kita gunakan di Indonesia. Yakni kalender Masehi dan
kalender Hijriah. Penanggalan kalender Masehi dibuat berdasarkan perhitungan
perputaran matahari, sementara kalender Hijriyah dibuat berdasarkan perhitungan
perputaran bulan. Yang paling umum digunakan dan dijadikan standar seluruh
dunia adalah kalender Masehi. Namun karena jumlah penduduk Indonesia sebagian
besar adalah muslim, sehingga penggunaan kalender Hijriyah pun tetap sangat
diperlukan.
Selain kedua
metode penanggalan tersebut sebetulnya masih ada dua jenis penanggalan lainnya
seperti penanggalan Jawa dan penanggalan Cina. Namun keduanya biasanya hanya
digunakan oleh sebagian kelompok masyarakat yang ada di Indonesia.
Kalender Bisa Menjadi Souvenir Perusahaan Yang
Meningkatkan Omset Perusahaan, Kok Bisa?
Jika dilihat
berdasarkan penggunaannya maka kita akan menemukan banyak sekali jenis penamaan
kalender. Misalnya saja dalam dunia pendidikan, maka kita akan mengenal yang
namanya kalender akademik. Dimana kalender ini merupakan gabungan antara
kalender masehi dengan jadwal atau agenda pendidikan yang akan dilakukan selama
tahun berjalan. Seperti ujian nasional, masa libur, ulangan umum, tahun ajaran
baru dan sebagainya.
Berkaca dari hal
tersebut, maka sebagai perusahaan kita pun bisa membuat sebuah kalender yang
memuat jadwal atau agenda agenda promosi perusahaan selama satu tahun. Yap, itulah
cara untuk meningkatkan omset perusahaan melalui kalender. Kita membuat sebuah
kalender yang berisi agenda promosi perusahan dan membagikannya kepada target
audiens sebagai souvenir perusahaan.
Dengan begitu target audiens kita (penerima souvenir perusahaan tersebut) tahu
kapan ada promosi dari perusahaan kita.
Jika biasanya
souvenir perusahaan berupa kalender ini hanya menampilkan foto atau logo perusahaan
dan penanggalan biasa. Maka akan lain ceritanya jika kita memasukan gambar atau
tema promosi bulanan di kalender, atau bahkan menandai tanggal-tanggal tertentu
dimana kita akan memberikan diskon, bonus atau program menarik lainnya.
Misal anda adalah
sebuah perusahaan pengelola pusat perbelanjaan atau Mall. Maka anda bisa
memasukan berbagai program dan agenda promosi selama satu tahun di kalender
tersebut. Kapan Mall akan mengadakan midnight sell, diskon lebaran, program
undian, acara musik, pameran atau event yang mendatangkan artis bisa turut anda
sertakan.
Bayangkan jika
pengunjung setia mall tersebut sudah mengetahui bahwa bulan depan Mall anda
akan membuat diskon besar-besaran. Maka mereka akan memiliki cukup waktu untuk
mempersiapkan dana untuk dibelanjakan dan bahkan bisa jadi mengajak
teman-temannya untuk datang dan memanfaatkan program promosi yang ada. Dari
situlah omset perusahaan akan meningkat.
Dan tak hanya
itu, jika kita cermati lagi. Memberikan souvenir
perusahaan berupa kalender yang sudah berisi agenda atau program promosi
untuk satu tahun penuh ini juga membuat perusahaan dapat menghemat biaya
promosi yang cukup besar. Kita tidak perlu lagi membuat banyak baligo atau
membagikan brosur ke orang-orang. Mereka yang sudah mendapatkan souvenir
kalender yang kita berikan, pasti sudah tahu program promosi tersebut.
Menarik?.
Persiapan Adalah Kunci Menggunakan Kalender Sebagai
Souvenir Perusahan
Merencanakan dan
mengatur agenda promosi untuk satu tahun ini memang merupakan sebuah tantangan
tersendiri bagi perusahaan. Karena kita dituntut mempersiapkan strategi dan
rencana yang matang sejak awal. Sementara berbagai resiko perubahan mungkin saja
terjadi ketika waktu sudah berjalan. Padahal agenda tersebut sudah terlanjur
kita publikasikan melalui souvenir perusahaan (kalender) yang sudah dibagikan.
Pada dasarnya
segala sesuatu yang dipersiapkan dengan baik maka kemungkinan besar pasti
berhasil dan berakhir dengan baik. Dan hal ini justru akan memacu perusahaan
dan tim kita untuk bekerja lebih semangat dan terarah. Dengan membuat strategi
atau rencana lebih awal, maka persiapannya pun bisa lebih matang. Mulai dari mempersiapkan dana dan perlengkapan
yang dibutuhkan, membuat janji atau kontrak dengan pihak terkait, hingga menyiapkan
strategi cadangan dan langkah-langkah untuk meminimalisir resiko.
Sebelum tahun 2017 mulai memasuki semester akhir, tidak berlebihan
jika dari sekarang kita mulai berpikir dan menyiapkan apa yang akan kita lakukan
di tahun 2018.
Kumpulkan tim marketing Anda, gunakan data, pelajari tren tahun sebelumnya dan
prediksi tahun mendatang, tambahkan dengan kreatifitas dan buatlah sebuah
marketing plan yang diturunkan menjadi agenda promosi untuk satu tahun penuh.
Cetak kalender 2018
dan bagikan sebagai souvenir
perusahaan menjelang akhir tahun 2016 nanti. Jika memungkinkan berikan
souvenir kalender 2018 sebelum perusahaan lain atau bahkan pesaing kita
memberikan kalender 2018 yang sama. Karena biasanya souvenir kalender yang
pertama didapatlah yang digunakan, sisanya akan diberikan kepada orang lain
atau bahkan hanya disimpan saja.
2 Jenis Souvenir Kalender 2018 Yang Bisa Digunakan
Sebagai Souvenir Perusahaan
Secara umum ada
dua jenis kalender yang paling banyak digunakan
sebagai souvenir perusahaan. Yaitu souvenir kalender meja dan souvenir kalender
dinding. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Souvenir
kalender meja, lebih sederhana dan sering dilihat atau digunakan sehingga sangat
cocok diberikan kepada target audiens yang bekerja di kantor. Sementara
souvenir kalender dinding biasanya memang hanya dipajang di dinding, akan
tetapi lebih mudah terlihat dan mencuri mata.
Space atau ruang yang bisa kita gunakan untuk
menaruh promosi dalam sebuah kalender cukup luas. Mulai dari logo hingga gambar
bisa dengan leluasa kita masukan. Bahan dan ukurannya pun bervariasi dan bisa
kita sesuaikan dengan budget dan kebutuhan perusahaan. Cetak Kalender 2018
lebih awal dan Dapatkan penawaran harga terbaik serta Gratis Ongkir hingga 10
Ton dari Cera Production dengan mengubungi kontak kami di 0274 4477635 atau WhatsApp 085842351335.