Setiap perusahaan tentu
membutuhkan brosur sebagai media promosi untuk publik. Mencetak
brosur untuk kebutuhan promosi perusahaan memang nampaknya mudah dan terkesan
sepele. Namun taukah bahwa perusahaan yang memiliki brosur dengan penampilan
menarik bisa mendatangkan omzet yang lebih besar ? Atau setidaknya ketika
sesorang menerima brosur dari perusahaan tidak langsung dibuang. Brosur
dikatakan berhasil sebagai media promosi perusahaan bila masyarakat merasa
butuh dan meminta untuk dibawa pulang brosur dari perusahaan tersebut.
Maka dengan kata lain, memproduksi brosur sebagai media promosi
perusahaan bukan perkara mudah. Sebab brosur yang baik dan maksimal sebagai
media promosi perusahaan wajib memiliki keterpaduan mulai dari detail
informasi, gambar, foto produk dan perusahaan yang dikemas dalam satu kesatuan
desain yang menarik hingga proses produksi dengan menggunakan bahan baku yang
berkualitas. Sama seperti salah satu klien Cera Production yakni Bank BRI yang
mempercayakan proses cetak brosurnya untuk seluruh kantor cabanng dan regional
Jawa Tengah – Yogyakarta.
Cera Production yang telah lama
dikenal sebagai produsen souvenir perusahaan mengakui bahwa brosur masih
dinilai sebagai salah media promosi perusahaan yang cukup efektif dan memiliki
harga yang ekonomis. Sebab brosur akan sangat berguna ketika sebuah perusahaan
melakukan kegiatan mengikuti pameran. Sama seperti yang dilakukan Cera Production saat berhasil
menjuarai Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2015 pada bulan februari 2016 lalu.
Rangkaian acara yang ditutup dengan pameran produk seluruh finalis tersebut
tidak hanya memperlihatkan produk kepada para pengunjung. Namun juga
mempersiapkan brosur hingga company profile perusahaan yang dapat dibawa pulang
oleh setiap pengunjung yang singgah ke stand masing-masing perusahaan. Sehingga
diharapkan ketika selesai acara, para pengunjung tersebut masih dapat
mengingat-ingat perusahaan apa saja yang haidr dalam expo Wirausaha Muda
Mandiri (WMM) 2015 dan ketika mereka membutuhkan produknya tahu harus
menghubungi melalui apa.
Kembali lagi membahas bagaimana
pentingnya sebuah brosur perusahaan yang menarik sebagai media promosi, Cera
Production yakin hingga saat ini brosur tetap menjadi salah satu media promosi
yang efektif untuk sebuah perusahaan. Tinggal bagaimana inovasi dan kreatifitas
untuk menciptakan brosur perusahaan yang menarik sehingga juga dapat membantu
menaikkan omzet perusahaan setiap bulannya.
Kali ini Cera Production ingin membagikan 15
tips yang perlu diperhatikan ketika mencetak brosur perusahaan sehingga dapat
tampil menarik dan membantu menaikkan omzet perusahaan. 15 tips tersebut fokus
pada mengolah konten yang akan perushaan sampaikan kepada masyarakat. 15 tips
tersebut antara lain :
1.
Kenali audience yang akan menerima brosur
Langkah awal dapat dimulai dengan melakukan riset
tentang siapa audience yang akan menerima brosur perusahaan anda. Dengan begitu
anda dapat betul-betul mengenali target audiens sehingga ketika memproduksi
konten, informasi yang ditampilkan akan lebih efektif dan tepat sasaran.
2.
Posisikan sebagai pembaca brosur
Jangan pernah menganggap konten brosur yang baik itu
dari sudut pandang anda sebagai pemilik perusahaan. Namun posisikan anda
sebagai pembaca. Maka konten yang ada didalam brosur akan lebih bersahabat
dengan pembaca dan tidak ada kesan memaksa untuk membeli produk yang dikenalkan
oleh perusahaan. Dengan begitu audience akan lebih menikmati brosur perusahaan
anda.
3.
Konten padat namun informatif
Pasti setiap perusahaan ingin menyampaikan informasi mengenai perusahaan beserta
produknya dengan sedetail mungkin sehingga tanpa sadar informasi yang disajikan
terlalu banyak dan tidak efektif. Maka brosur perusahaan yang menarik salah
satunya dapat memuat konten yang padat namun informatif untuk target audience.
Konten yang padat (detail) namun tetap informatif dapat dibantu dengan
menambahkan berupa infografis kedalam brosur.
4.
Konten harus relevan
Konten yang relevan dengan profil perusahaan juga
salah satu faktor target audience dapat nyaman membaca brosur perusahaan.
Informasi yang relevan mulai dari profil, layanan perusahaan, produk-produk
yang terkait, hingga kemudahaan menghubungi perusahaan wajib untuk masuk
kedalam konten brosur perusahaan.
5.
Perhatikan panggilan yang digunakan
Panggilan untuk target audience yang membaca brosur
perusahaan juga ikut mempengaruhi kenyamanan. Umumnya perusahaan akan
menggunakan kata “Anda” sebagai panggilan untuk auidence sehingga menimbulkan
perasaan seakan-akan perusahaan berbicara langsung dengan target audience.
6.
Perhatikan jenis font yang digunakan
Jenis font yang digunakan untuk konten pada brosur
perusahaan juga ikut mempengaruhi kualitas brosur yang akan dihasilkan. Hindari
menggunakan jenis font yang sulit dibaca oleh target auidence. Umumnya
perusahaan menggunakan jenis font Time New Roman, Georgia, Calibri, Bookman, Trebuchet
MS, Cambria untuk brosur perusahaan mereka.
7.
Perhatikan pengaturan tulisan pada konten
Pengaturan tulisan pada konten brosur perusahaan tidak
hanya mengenai jenis font yang digunkan. Setidaknya ada beberapa hal lain
mengenai pengaturan tulisan konten yang harus diperhatikan, antara lain :
ukuran font, gaya font, poin-poin, text box, hingga infografis.
8.
Judul wajib menarik
Bagaimanapun judul merupakan pintu masuk pertama
sebuah informasi dinikmati oleh pembaca. Sehingga pemilihan judul menarik tentu
akan mempengaruhi kualitas brosur perusahaan yang akan dibagikan.
9.
Benefit produk harus mudah ditemukan
Umumnya seseorang ketika membaca brosur sebuah
perusahaan pasti ingin mengetahui benefit dari produk yang ditawarkan. Sehingga
kemudahan untuk menemukan informasi benefit mengenai produk perlu diperhatikan.
Jangan sampai membiarkan seseorang terlalu lama dan susah untuk mendapatkan
informasi detail mengenai benefit produk perusahaan dalam sebuah brosur.
10.
Menyebutkan keunggulan dari kompetitor
Setelah konten mengenai benefit produk yang
ditawarkan, informasi yang tidak kalah penting yakni mengenai detail keunggulan
perusahaan anda dibandingkan kompetitor. Menyebutkan keunggulan dibandingkan
beberapa kompetitor dengan produk sejenis tidak boleh dilupakan. Sebab pada
bagian ini target audience akan mulai menilai dan mebanding-bandingkan
perusahaan anda dengan yang lain. Konten ini tidak boleh tampil biasa-biasa saja sebab jika tidak
disajikan dengan menarik justru akan menjadi bumerang, audience akan lebih aware
dengan kompetitor melalui brosur milik perusahaan anda.
11.
Berikan penawaran spesial
Tips selanjutnya mengenai brosur perusahaan yang
menarik adalah dengan memasukan penawaran spesial kedalam brosur tersebut.
Bahkan beberapa perusahaan besar mencetak brosur secara khusus karena ingin
memberikan penawaran spesial dengan berkelanjutan. Artinya bisa saja anda
menerima brosur dari perusahaan yang sama dengan waktu berbeda yang berisi
paket penawaran spesial yang selalu update. Hal tersebut juga bisa menjadi
salah satu trik agar brosur perusahaan anda tampil lebih menarik.
12.
Konten harus berisi call to action
Call to action dalam sebuah brosur perusahaan penting
untuk diperhatikan. Sebab konten yang tidak berisi call to action akan membuat
brosur perusahaan menjadi biasa-biasa saja. Salah satu contoh call to action
yang dapat dimasukan pada sebuah brosur salah satunya memberikan diskon dengan
cara menghubungi CS perusahaan melalui scan barcode atau bisa juga dengan
menyimpan dan membawa brosur tersebut sebagai voucher saat transaksi dengan
produk perusahaan anda.
13.
Informasi kontak perusahaan harus mudah
ditemukan
Salah satu elemen yang tidak boleh tertinggal dalam
sebuah brosur perusahaan yakni informasi kontak perusahaan. Informasi kontak
perusahaan harus mudah untuk ditemukan. Selain itu kontak yang ditampilkan
harus bervariasi mulai dari nomor telepon perusahaan, alamat lengkap hingga
website dan sosial media jika ada.
14.
Jangan lupa mencatumkan testimonial klien
Testimonial klien atau konsumen yang pernah
menggunakan produk jangan sampai lupa ditampilkan pada brosur perusahaan. Sebab
hal tersebut juga sebagai salah satu cara perusahaan meyakinkan target audimce
mengenai kualitas perusahaan melalui brosur.
15.
Teliti konten lebih dari 2 kali
Hal terakhir yang wajib diperhatikan dan dilakukan
setelah seluruh konten brosur perusahaan selesai yakni meneliti tulisannya.
Meneliti dengan cara membacanya berulang kali dan jangan hanya satu orang saja.
Minta dua hingga empat orang untuk membacanya berulang ulang sehingga terhindar
dari salah ejaan, salah penulisan sehingga ketika brosur tersebut sampai
ditangan target audience mempunyai kualitas yang maksimal.
Itulah 15 tips yang bisa anda lakukan untuk memperoleh
kualitas brosur yang maksimal dan menarik sehingga akan berdampak positif juga
pada omzet perusahaan. Jika anda belum mempunyai tim khusus untuk memproduksi
brosur perusahaan dengan kualitas yang baik, anda dapat menghubungi Cera Production. Cera Production
telah berpengalaman menjadi partner berbagai perusahaan nasional salah satunya
untuk mencetak brosur dengan kualitas terjamin dan harga ekonomis.
Cera Production dapat dihubungi melalui (0274) 4477635 XL/Axis : 087839951539 | Indosat/Im3 : 085842351335 (WhatsApp) | Telkomsel : 085100255152 | BBM : 53272D79 | Email: cera.production@gmail.com atau marketing@ceraproduction.com