Desain Kop Surat

Kop surat merupakan salah satu wajah dari perusahaan dalam hal surat-menyurat. Karenanya, amatlah penting untuk membuat sebuah kop surat dengan baik dan elegan. Kop surat yang baik, akan memberikan kejelasan kepada audience tentang identitas perusahaan, juga memberikan bentuk visual yang menarik untuk dilihat, karenanya membuat desain yang bagus adalah hal yang sebaiknya diperhatikan oleh perusahaan yang mencetak kop surat.


Kurang lebih, inilah beberapa faktor yang membantu membuat desain kop surat yang bagus:

1.       Pemilihan warna
Warna merupakan hal yang vital bagi desain kop surat. Dari pemilihan yang tepat dari warna lah, visual yang menarik dari desain akan dicapai. Hal itu tentu tidak mudah. Karena warna memiliki jutaan kombinasi.
Untuk memudahkan, sebaiknya sejak awal kita pastikan dan tentukan dahulu, berapa warna yang akan kita gunakan. Dengan begitu, desain dan bentuk selanjutnya akan dapat mengikutinya. Jika kita hanya menggunakan satu warna saja, tentu bentuk yang terlalu rumit akan menyulitkan kita dalam melihat. Sebaliknya, memilih banyak warna dengan bentuk yang terlalu sederhana, juga akan membuat kop surat kita seperti dibuat oleh anak TK yang masih penasaran dan ingin mencoba semua pensil warnanya.

Jangan lupa juga sesuaikan warna yang kita pilih dengan logo perusahaan. Pastikan logo dan identitas warna perusahaan terekspose dalam kop surat kita. Karena kop surat adalah wajah dari perusahaan, tentu bentuk desainnya pun harus melambangkan ciri khas perusahaan itu sendiri.

2.       Komposisi dan balance
Bagaimanapun juga, letak kop surat pastilah hampir selalu identik, yaitu di bagian atas kertas (biasanya juga ditambahi dengan ornamen di bagian bawah). Karenanya, harus dipastikan desain kop surat itu memiliki komposisi dan balance yang bagus. Jangan sampai ada ketimpangan dalam desain di atas kertas. Karena hal itu bisa mempengaruhi secara psikologis tentang pembacaan tulisan di dalam surat (isi surat) itu sendiri. Kita tentu tidak ingin desain kop surat kita justru mengganggu informasi dan pesan yang akan disampaikan di dalam surat bukan?

3.       Kelengkapan informasi
Kop surat selain menjadi saranan untuk menambah kualitas visual di dalam surat, juga berfungsi untuk membuat identitas perusahaan semakin mudah didapatkan di dalam surat itu. Karena itu, jangan sampai di dalam kop surat terlalu penuh dengan hiasan-hiasan tidak jelas, tapi malah melupakan esensi dasar dari kop surat itu sendiri. Karenanya, jangan lupakan kelengkapan informasi di dalam desain kop surat.

4.       Kemudahaan dibaca

Percuma membuat desain yang bagus warna dan komposisinya, informasinya lengkap, tapi ternyata hurufnya sulit dibaca. Memang memilih huruf yang berbentuk tidak biasa itu sangat menggoda, namun memberikan terlalu banyak hiasan di dalam huruf bukanlah ide bagus. Pastikan font yang kita pilih merupakan font yang mudah dibaca oleh orang yang menerima. Seimbangkan font pilihan kita di dalam kop surat dengan font yang di pakai di badan surat. Hal itu akan membuat desain secara keseluruhan terlihat selaras dan indah.
Ceraproduction
Ceraproduction

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.