Dunia usaha yang
semakin berkembang dengan kreatif, membuat industri kreatif juga terkena
imbasnya. Industri kreatif dengan ide-ide segarnya menjadi sebuah terobosan
baru dalam industri dunia. Termasuk salah satu aspek yang banyak berkembang
adalah dunia iklan, atau biasa kita sebut dengan promosi.
Dunia promosi yang
semakin lama semakin berkembang dan membuat inovasi, kini mulai semakin
menjamur ide-ide barunya. Berbagai cara baru untuk berpromosi mulai dipamerkan.
Dari iklan yang dulunya hanya mengenal media mainstream sebagai kekuatan utama,
sekarang sudah berkembang lebih banyak lagi pilihannya. Dunia on-line juga
semakin berkembang. Iklan lewat social media sudah bukan hal baru dan tabu lagi
di masyarakat.
Sedang untuk dunia
offline, perkembangan juga terus terjadi. Salah satu pertumbuhan dunia iklan di
dalam ranahan offline adalah pada souvenir promosi. Souvenir promosi, atau
biasa disebut dengan merchandise, kini banyak digunakan. Berbagai souvenir
bermunculan, mulai dari payung, jam dinding, jam meja, mug, glassware,
ballpoint, gantungan kunci, dan termasuk yang sekarang menjadi alternatif untuk
souvenir: Paper Bag.
Paper bag adalah
tas (biasanya jinjing) yang terbuat dari kertas daur ulang yang ramah
lingkungan. Biasanya, bahan kertas yang digunakan adalah kertas ivory. Paper
bag promosi, adalah paper bag yang didalamnya dicetakkan logo perusahaan/materi
iklan untuk promosi.
Mungkin karena
itulah, percetakan paper bag untuk promosi banyak dicari.
Paper bag memiliki keunikan
tersendiri, karena bentuknya yang terbuat dari kertas, membuat pencetakannya
pun tidak terlalu sulit. Paper bag tidak perlu disablon dengan tinta sablon
yang mahal dan sulit (karena dilakukan dengan manual). Paper bag, untuk
menempelkan materi iklan promosi, cukup diprint saja di atas kertasnya. Setelah
di print, kertas akan diberikan finishing yang seperti apa yang diinginkan oleh
konsumen atau klien. Biasanya, pilihan finishing yang disediakan adalah dove
dan glossy. Dove adalah jenis finishing yang melaminasi kertas dengan halus dan
kuat. Sedang glossy, akan melaminasi kertas supaya berkilau. Semua memiliki
kelebihan sendiri, semua memiliki penikmat sendiri. Semua, dapat digunakan
sebagai media promosi yang baik.
Kelebihan dari
paper bag adalah, karena bentuknya yang tergolong bagus dan unik, maka dia
memiliki kemungkinan yang besar untuk digunakan lagi oleh masyarakat yang
memilikinya. Bentuknya tidak malu-maluin untuk digunakan di lingkungan yang
standar. Dengan banyak digunakan, tas kertas ini dapat menyebarkan brand dan
iklan perusahaan secara lebih luas. Hal ini, tentu menguntungkan bagi para
pengiklan.
Namun dibalik
keuntungannya, ada juga kekurangan paper bag yang membuatnya sedikit
dipinggirkan. Kekurangan itu adalah pada bahan kertas yang mudah basah dan
rusak karena air. Hal ini membuat paper bag bukanlah pilihan yang menarik untuk
digunakan saat musim hujan.
Percetakan paper
bag sendiri, saat ini ada banyak yang tersedia yang Indonesia. Salah satu yang
dapat dipercaya adalah Cera Production.
Cera Production
merupakan vendor sekaligus produsen paper bag promosi yang sudah melayani
pemesanan dari berbagai kota di Indonesia. Baik itu dari dalam dan luar pulau
Jawa. Cera memiliki alat percetakan sendiri yang didatangkan langsung dari
Jerman, sehingga harga produksi dapat lebih murah, sekaligus kualitasnya dapat
dipertanggungjawabkan.
Selain menyediakan
jasa percetakan, Cera juga melayani konsultasi gratis untuk perusahaan yang
ingin bertanya mengenai anggaran dana untuk promosi menggunakan paper bag yang
cocok untuk perusahaan.
Untuk lebih
lengkapnya, silahkan hubungi Cera di:
Main Office:
TONDEO
BUILDING
Jl.
Pawirokuat 21 Condongcatur,
Depok,
Sleman, Yogyakarta
Indonesia
55283
Tel. +62(0)
274 – 828 5208-8255152
Email:
cera.production@gmail.com
marketing@ceraproduction.com