Paper bag,
merupakan salah satu alat yang cukup vital dalam proses promosi. Ketidak adaan
alat ini, bisa membuat kegiatan promosi yang berpilar pada souvenir promosi
malah berbalik menjadi bumerang untuk brand perusahaan. Mengapa bisa begitu?
Simpelnya seperti
ini. Bayangkan jika anda adalah seorang konsumen atau calon konsumen yang
diberi barang promosi untuk anda bawa pulang. Anda diberi banyak barang promosi
yang bermanfaat untuk hidup anda. Tapi banyaknya barang yang diberikan itu, tidak
diimbangi dengan alat yang membantu anda untuk membawanya. Apa yang anda
rasakan? Anda akan merasa kerepotan membawa barang promosi itu. Bahkan, bisa
jadi anda akan memilih untuk tidak membawanya, membuangnya mungkin. Toh gratis ini, begitu mungkin pikir
anda. Pikir kita. Pikir konsumen.
Karena itulah,
paper bag merupakan alat yang harus disediakan dalam kegiatan promosi yang
membagi-bagikan merchandise untuk promosi. Adanya alat ini, bisa menjadi kunci
yang menentukan bagaimana impresi masyarakat yang mendapatkan barang promosi
anda terhadap brand perusahaan anda.
Dan untuk
mengoptimalkan paper bag, sudah tentu kita harus menyediakan paper bag yang
lebih banyak dibanding souvenir yang akan dibagikan itu sendiri. Sangat tidak
lucu, apabila kita kehabisan paper bag untuk membantu membawa souvenir promosi
yang dibagikan. Kesan tidak siap akan melekat pada kita sebagai pelaksana
kegiatan promosi. Tidak hanya dari konsumen, bahkan dari bos kita juga (kalau
kita karyawan marketing dan sejenisnya). Untuk itu, pastikan kita memiliki
persediaan paper bag yang cukup untuk kegiatan promosi kita.
Mungkin karena itu,
kita harus dapat memilih supplier paper bag promosi yang baik.
Supplier paper bag
adalah sebuah lembaga atau perusahaan atau badan yang memang menyediakan paper
bag dalam jumlah yang besar dan disiapkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen
besar. Sedang supplier paper bag promosi, tidak hanya sekedar menyiapkan paper
bag secara bahan baku atau barang polos, tapi juga memberikan ‘sentuhan
promosi’ kepada paper bag itu.
Sentuhan promosi?
Apa lagi itu? Jangan bingung dulu, itu adalah istilah yang kami buat sendiri.
Maksudnya adalah memberikan cetakan kepada paper bag, membubuhkan logo dan
materi iklan di tas jinjing kita. Sentuhan ini, akan membuat tas souvenir kita
sempurna sebagai media promosi, sekaligus memperindah tampilannya agar tetap
modis untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari.
Lalu bagaimana cara
memilih supplier paper bag yang baik itu? Kami memiliki sedikit tips untuk ini.
1. Carilah supplier yang memiliki katalog produk yang jelas
Katalog
produk yang jelas membuktikan bahwa supplier itu memiliki SOP yang jelas dalam
menangani klien, sekaligus memiliki kontrol penuh terhadap produknya. Tidak
memiliki katalog, artinya mereka kurang menunjukan kesiapan dalam produknya.
Dan besar kemungkinan, supplier yang tidak memiliki katalog, hanyalah supplier
broker yang menaikkan harga dari supplier yang sesungguhnya.
2. Supplier yang memberikan berbagai pilihan untuk spesifikasi tas
Paperbag yang kita buat, haruslah sebuah produk yang unik, sesuai dengan keinginan
kita, dan memiliki tampilan yang bagus. Supplier yang menyediakan pilihan
berbagai macam bahan, finishing, dan ukuran, adalah sebuah pilihan utama yang
seharusnya kita pertimbangkan.
3. Melihat klien yang sudah pernah ditangani oleh supplier
Klien.
Ini juga merupakan kunci bagi kita untuk melihat seperti apa supplier itu.
Lihat klien yang sudah pernah ditanganinya, sebesar apa mereka, bagaimana
pelayanan supplier itu terhadap para klien, bagaimana impressi klien terhadap
mereka, adalah sebagian dari banyak faktor-faktor lain yang harus kita
pertimbangkan.
Kalau
perlu, jangan hanya sekedar melihat dari lembaran testimoni yang digelontorkan
oleh pihak supplier. Tapi juga tanyakan langsung pada klien itu. Minta referensi
ke mereka, dan pastikan klien yang kebetulan juga mitra kita itu memberikan
referensi yang bagus. Jika tidak, mungkin kita bisa mencari pilihan yang lain.
Dunia souvenir
promosi memang menarik dan penuh dengan teka-teki. Serius dalam mencari rekan
yang baik di dalam dunia ini, akan sangat membantu perusahaan kita ke depannya.