Amplop meskipun
sudah tergeser oleh media digital, namun fungsinya masih cukup besar. Salah
satu fungsi amplop bagi perusahaan adalah, sebagai wajah dari perusahaan.
Semakin baik sebuah amplop yang merepresentasikan perusahaan, maka semakin baik
pula brand perusahaan di mata orang yang mendapatkannya. Karena itulah, sudah
sewajarnya perusahaan memikirkan desain yang amplop yang baik. Desain amplop
yang mampu menjadi wajah yang cantik untuk perusahaan.
Lalu bagaimana
sebenarnya desain amplop yang baik untuk perusahaan itu? Ada beberapa hal yang
harus diperhatikan.
1. Kekuatan warna
Warna
merupakan hal yang harus dipertimbangkan dengan baik oleh perusahaan. Sebelum
membuat desain yang fix, pastikan dulu akan menggunakan berapa warna untuk
dicetak di amplop. Jika menggunakan metode satu warna, atau dua warna, atau
full colour, semua memiliki karakteristik sendiri. Belum lagi disinkronkan
dengan logo perusahaan.
Jumlah
warna yang baik adalah yang seideologi dengan warna logo, dan memberikan
pengeluaran yang paling hemat bagi perusahaan. Hal itu perlu untuk
diperhatikan.
2. Peletakan posisi
Posisi
dalam meletakkan desain di dalam amplop juga penting. Asal menaruh desain dalam
amplop, akan membuat amplop menjadi tidak terkesan professional dan menarik.
Perusahaan harus memperhatikan letak yang tepat supaya logo gampang dilihat,
sekaligus memberikan kesan profesional bagi perusahaan.
Karena
itu, perhatikan letak desain dan logo di dalam amplop. Biasanya, desain yang bagus
meletakkan logo di samping atas amplop, sehingga terkesan minimalis dan elegan.
3. Pemilihan font
Font
juga merupakan hal yang harus sangat diperhatikan dalam membuat desain sebuah
amplop. Seperti layaknya alat tulis kantor lainnya, kemudahan dibaca adalah
syarat utama bagi sebuah alat tulis kantor. Sangat tidak lucu jika perusahaan
membuat sebuah desain yang sangat menarik, namun tulisannya tidak dapat dibaca
sama sekali.
Meskipun
sekilas terlihat bahwa tulisan yang tidak bisa dibaca itu memberikan nilai
artistik yang tinggi, namun secara overall, itu akan mengurangi kesan
profesional pada amplop.
4. Informasi yang diberikan
Sebuah
amplop adalah sebuah wajah perusahaan. Tentu di dalamnya juga harus ada
informasi yang dapat membuat perusahaan lebih mudah dihubungi nantinya. Karena
itulah, desain amplop perusahaan, sebaiknya memberikan informasi yang jelas.
Hal
ini menunjukan tentang profesionalisme perusahaan dalam memberikan informasi
secara singkat, padat, dan jelas kepada konsumen.
Percuma
desain yang diberikan bagus secara visual, namun tidak informati. Kita bukan
membuat sebuah lukisan abstrak di sini. Tetap ada pesan yang harus disampaikan
di dalam desain amplop itu. Meskipun tidak mutlak di sana.
Itulah beberapa
faktor yang membuat desain sebuah amplop terlihat bagus dan elegan. Tentu saja
ada berbagai variasi dan inovasi lain yang mempengaruhinya, namun dengan
menggunakan faktor-faktor di atas, desain kita sudah mampu menembus kategori
profesional.
Namun perlu
diingat, sebagus apapun desain yang dibuat, kalau tidak dicetak dengan baik,
hasil akhirnya tetap saja berpotensi menjadi bencana. Karena itu, sangat
disarankan untuk mencari jasa percetakan amplop yang dapat mewujudkan desain
digital yang bagus dari anda, menjadi sebuah karya nyata yang bisa dilihat
dengan mata telanjang.
Salah satu
percetakan yang dapat memberikan hasil seperti itu adalah Percetakan Cera Production.
Merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan pemesanan alat-alat kantor unik
untuk meningkatkan promosi, seperti kartu nama, stop map, kop surat, dan
termasuk di dalamnya, adalah amplop dengan logo unik perusahaan.
Untuk mendapatkan
amplop perusahaan dengan kualitas terbaik, langsung saja hubungi Cera di:
Main Office:
TONDEO
BUILDING
Jl.
Pawirokuat 21 Condongcatur,
Depok,
Sleman, Yogyakarta
Indonesia
55283
Tel. +62(0)
274 – 828 5208-8255152
Email:
cera.production@gmail.com
marketing@ceraproduction.com