Berbagai Macam Pilihan Cetak Kalender 2014 (Hijriah)



Kalender hijriah merupakan jenis kalender yang cukup efektif digunakan sebagai media promosi di negeri ini. Hal ini karena kalender hijriah adalah kalender yang digunakan oleh para muslim. Sedang di Indonesia, islam merupakan agama terbesar yang digunakan oleh rakyatnya. Hal itu menjadi sebuah premis yang jelas, bahwa banyak orang Indonesia membutuhkan informasi kalender hijriah.
Apa itu sebenarnya kalender hijriah? Kalender hijriah adalah kalender yang dibuat oleh orang Islam, khususnya Arab, sebagai kalender resmi orang islam. Kalender ini dibuat berdasarkan perhitungan perputaran bulan kepada bumi. Kalender ini adalah kalender resmi yang digunakan di Saudi Arabia dan daerah timur tengah lainnya. Pusat peradaban agama Islam.




Selain itu, keistimewaan kalender hijriah adalah dia juga menunjukan tanggal-tanggal istimewa yang diperingati oleh orang islam. Sebut saja idul fitri, idul adha, maulid nabi, tahun baru Islam, dan sebagainya.

Lalu, apa saja berbagai jenis kalender hijriah untuk promosi itu? Tentu saja ada banyak jenis yang membedakannya. Dan untuk lebih mudah dalam mengidentifikasinya, kita sebaiknya membaginya berdasarkan kategori yang membentuk kalender itu.
Dan inilah berbagai macam kalender hijriah untuk promosi:

Spesifikasi kalender berdasarkan finishingnya
1.       Klem
Kalender dengan cara finishing klem cukup sering digunakan pada kalender dinding. Klem merupakan semacam seng atau benda keras yang menjadi alat untuk menyatukan lembaran demi lembaran kalender. Kelebihan dari finishing ini adalah pada kekuatannya yang lebih kokoh dan dapat bertahan lama. Steady and still. Namun kelemahannya adalah pada kesulitannya saat kita harus melubangi kalender agar dapat digeser lembaran bulannya.

2.       Spiral
Jenis finishing ini lumayan sering digunakan di kalender duduk, namun bukan berarti kalender dinding tidak menggunakannya, terserah selera dari pemesan. Dengan finishing spiral, tentu saja kita tahu bahwa membolak-balik halaman menjadi jauh lebih mudah dibanding klem. Namun kadang ada rasa sebal saat kalender lebih mudah terbalik-balik tanpa disengaja.

Spesifikasi kalender berdasarkan lembarannya
1.       Kalender harian
2.       Kalender bulanan
3.       Kalender dua bulanan
4.       Kalender triwulan
5.       Kalender catur wulan
6.       Kalender semester
7.       Kalender tahunan
Jenis ini sudah sangat mudah untuk dipahami bukan? Intinya hanya berimbas pada jumlah halamannya saja dan besar kecilnya huruf saja.

Spesifikasi kalender berdasarkan jenis kertasnya
1.       HVS
Kalender simpel yang terdiri dari kertas-kertas HVS yang sering kita jumpai sebagai kertas untuk fotokopian. Kalender dengan kertas seperti ini biasanya tidak diplot untuk memiliki foto dalam kontennya, hanya terdiri dari beberapa warna, dan terlihat sederhana.

2.       Art paper
Kalender yang ini terbilang sudah cukup bagus dan berkelas. Biasanya digunakan untuk kalender dinding yang berwarna-warni dan menampilkan banyak foto. Keunikannya adalah pada takstur kertasnya yang fleksibel dan lentur.

3.       Ivory
Kalender yang menggunakan jenis kertas ini biasanya adalah kalender duduk. Namun tidak menutup kemungkinan kalender dinding juga menggunakannya. Teksturnya terbilang lebih keras dibanding art paper, sehingga terkesan lebih kuat dan elegan.

Spesifikasi kalender berdasarkan tempatnya.
1.       Kalender dinding
Kalender dinding merupakan kalender yang peletakannya ditempelkan di dinding. Karena sifatnya yang diletakkan di tempat yang luas, maka biasanya kalender ini dibuat dalam ukuran besar. Tujuannya jelas, supaya orang-orang dapat melihatnya dengan jelas. 

2.       Kalender duduk
Berbeda dengan kalender dinding yang ditempatkan di dinding, kalender duduk lebih sering ditempatkan di meja. Karena sifatnya itu pula, maka biasanya kalender ini dibuat sedikit kecil, agar tidak memenuhi meja. Kalender duduk ini terkesan lebih personal dan memberikan sentuhan keakraban dengan pemilik. Namun di sisi lain membuat jangkauan visibilitasnya menjadi lebih kecil dibanding kalender dinding.

Itulah beberapa jenis kalender hijriah yang biasa digunakan sebagai media promosi. Apakah anda tertarik untuk membuatnya?

Ceraproduction
Ceraproduction

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.