Branding Unik Intel terhadap Merchandise Barcelona


Dalam memasarkan produk, barang promosi atau merchandise dianggap banyak perusahaan memiliki peranan penting. Merchandise sebagai barang yang pada dasarnya memiliki manfaat untuk pemakai/pemilik, akan mampu dengan mudah dicintai oleh masyarakat. Hal itu pada akhirnya akan menjadikan merchandise sebagai barang yang dicintai. Lalu? Lalu jika ada iklan promosi di dalamnya, besar kemungkinan masyarakat akan mudah menerimanya. Mungkin, itulah yang menyebabkan mengapa merchandise dan barang promosi banyak dicari oleh perusahaan.

Saat ini, penggunaan merchandise kaos jersey tim olahraga merupakan sebuah strategi yang biasa digunakan. Kita semua tahu, ada banyak sekali sponsor yang berebutan agar brandnya dapat dipajang bersamaan dengan jersey, terutama tim sepakbola.

Apabila membicarakan tentang sepakbola, kita tentu akan teringat dengan Barcelona. Tim raksasa dari Catalan yang bermain di Liga Spanyol. Prestasi besar mereka, sekaligus torehan pemainnya, Leo Messi yang menjadi pemain terbaik dunia 4 kali berturut-turut dari 2009-2012, menjadikan Barcelona sebagai tim yang seksi untuk sponsor. Banyak perusahaan berlomba-lomba untuk dapat menaruh brand mereka di merchandise yang paling laku dijual ini.

Perlu kita ketahui, bahwa Barcelona dulunya adalah tim dengan idealisme yang tinggi. Mereka tidak pernah mau memasang sponsor di jersey mereka. Selama puluhan tahun, tradisi itu terus dijaga. Namun seiring dengan perkembangan dunia ekonomi yang keras, Barcelona perlahan-lahan menerima sponsor untuk menghiasi merchandise jersey mereka.

Sekarang, Intel berhasil menjalin kerja sama dengan Barcelona untuk menjadi sponsor di merchandise jersey mereka. Namun, jika biasanya sponsor menaruh logo brand mereka di baju bagian luar agar mudah terlihat, tidak begitu adanya dengan Intel.

Intel sengaja menaruh brandnya di balik baju (baju bagian dalam) untuk membuat impressi yang berbeda. Mungkin, hal ini memang disesuaikan dengan slogan intel yang sudah kita kenal selama ini, Intel Inside. Mungkin, dengan membuat strategi yang menarik itu, Intel seolah-olah ingin berbicara, bahwa kehebatan pemain Barcelona, dikarenakan ada Intel di dalamnya. Entahlah.

Yang jelas, strategi promosi ini bisa dibilang sangat baru dan segar. Menjadi sebuah bukti, bahwa masih banyak potensi tersembunyi dari merchandise yang bisa kita olah. Mungkin tidak hanya terbatas pada merchandise jersey saja, tapi juga barang promosi lain seperti jam, gantungan kunci, atau bahkan kalender promosi murah. 

Yang menjadi pertanyaan adalah, siapkah kita untuk berinovasi menggunakan merchandise promosi?

sumber gambar: viva.co.id

Pengembara Mimpi
Pengembara Mimpi

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.