Kalender 6 bulan adalah kalender 2016 yang di dalam satu
lembarnya terdapat informasi untuk 6 bulan. Artinya, kalender akan terdiri dari
dua halaman utama. Halaman yang pertama memuat informasi tanggal dan hari dari
bulan Januari sampai Juni. Sedang halaman kedua akan memuat informasi tanggal
dan hari dari bulan Juli sampai Desember.
Kalender 2016 merupakan barang yang masih selalu diperlukan oleh
masyarakat. Karena kepentingan itulah, maka banyak perusahaan menggunakan
kalender sebagai barang promosi jangka panjangnya. Mengapa jangka panjang?
Karena kalender memiliki kecenderungan untuk selalu dilihat oleh orang atau
masyarakat selama satu tahun penuh. Dengan terus dilihat selama satu tahun,
artinya apabila di dalam kalender terdapat materi iklan dari perusahaan, maka
masyarakat akan terus secara tidak sadar melihat iklan dari perusahaan itu.
Kemungkinan terbaiknya adalah, brand perusahaan bisa saja menjadi top of mind
dari masyarakat.
Dengan potensi besar itu, sekali
lagi menjadikan kalender sebagai media promosi yang ampuh bagi perusahaan.
Lalu, kalender 2016 seperti apa
yang sebaiknya dicetak oleh perusahaan? Tentu saja ada banyak pilihan. Dan jika
dilihat dari sisi terlihatnya bulan dan jumlah halaman, maka salah satu pilihan
yang perlu dipertimbangkan adalah mencetak kalender 6 bulan.
Tentu saja, kalender 6 bulan ini
memiliki kelebihan dan kelemahannya.
HARGA KALENDER 2016 SEMESTER / 6 BULANAN
Kelebihan utama dari kalender 2016 isi 6 bulan per lembar adalah pada
harga produksinya yang otomatis menjadi cukup murah. Perusahaan tidak perlu mencetak
kalender dalam harga yang terlalu besar, karena dua halaman sudah cukup untuk
membuat satu kalender. Dengan harga yang murah ini, berarti perusahaan bisa
membuat kalender promosi dengan kuantitas yang lebih banyak lagi. Artinya,
kalender 6 bulan akan semakin banyak tersebar di masyarakat.
Selain keuntungan pada harga yang
murah, kalender 2016 ISI 6 bulan/lembar
juga memiliki kelebihan lainnya. Yaitu pada kemudahannya untuk dilihat
masyarakat. Ya, masyarakat yang tidak terlalu memperhatikan interior rumah atau
bisa kita bilang malas memperhatikannya, akan lebih senang dengan kalender 6
bulan ini. Mengapa? Karena mereka tidak perlu mengganti-ganti halaman setiap
bulan berganti. Mereka cukup membalik halaman kalender setiap 6 bulan sekali.
Bukan sesuatu yang terlalu merepotkan. Apalagi bagi mereka yang sibuk dan
mungkin jarang pulang ke rumah. Saat mereka ada di rumah, mereka tidak perlu
mengeset halaman kalender lagi.
Namun, selain dua keuntungan
besar di atas, kalender 6 bulan juga memiliki kelemahannya.
Kelemahan terbesar dari kalender
6 bulan adalah pada daya glamornya yang kurang. Dengan mencetak kalender 6
bulan, maka kalender promosi dari perusahaan tidak akan terlihat eksklusif dan
mewah. Sebaliknya, kalender 6 bulan akan terkesan murahan dan tidak terlalu
bergengsi. Tentu saja, jika perusahaan menginginkan pembentukan brand produk
sebagai sebuah produk yang mewah dan untuk kelas premium, maka kalender 6 bulan
bukanlah pilihan yang tepat.